Sunday, November 25, 2012

Sistem Komunikasi Massa dan Khalayak, Efek Media Terhadap Individu

Komunikasi massa secara sederhana didefinisikan sebagai komunikasi yang dilakukan dengan menggunakan media masssa pada sejumlah orang. Dengan demikian, peran media massa sebagai penyampai pesan dan sekaligus sumber informasi bagi penerima pesan (khalayak) sangatlah penting.


A. Sistem Komunikasi Massa

DeFleur dan Dennis melihat komunikasi massa sebagai proses. Menurut mereka, terdapat lima tahap yang membentuk proses komunikasi massa, yaitu sebagai berikut.
1. Pesan komunikasi difromulasikan oleh komunikator-komunikator profesional.
2. Pesan komunikasi dikirimkan melalui cara yang relatif cepat dan berkelanjutan melalui pengguna media.
3. Pesan tersebut mencapai khalayak yang besar dan beragam yang memilih media dengan cara selektif.
4. Para anggota khalayak secara individual menafsirkan pesan tersebutdengan cara sedemikian rupa sehingga mereka memahami makna yang kurang lebih sejajar dengan yang dimaksudkan komunikator.
5. Sebagau hasil dari pengalaman memberi makna ini, para anggota khalayak dipengaruhi dalam cara tertentu atau dengan kata lain, komunikasi tersebut memberi pengaruh tersebut.

Komunikator Profesional
Menurut Gamble & Gamble komunikasi massa adalah "The process of transmitting messages that may be processed by gatekeepers before being transmitted to large audience via a channel of broad difussion, such as print, an audio, or a visual medium." Gamble & Gamble juga menyebutkan katrakteristik komunikasi massa sebagai berikut.
1. Mencapai khalayak yang banyak dan tidak diketahui secara personal oleh pengirimnya.
2. Khalayak heterogen (beragam).
3. Menggunakan medium/alat tertentu.
4. Pesan yang dibawanya bersifat publik.
5. Pengirimnya adalah organisasi formal; pesan bukan dihasilkan oleh perorangan.
6. Dikontrol oleh banyak gatekeepers. Para gatekeepers (seperti editor atau redaktur) menyeleksi isi media yang akan disajikan kepada khalayak.
7. Feedback (umpan balik) terbatas.

B. Perbedaan Komunikasi Massa dan Komunikasi Tatap Muka
Secara teknis, ada perbedaan apabila sistem komunikasi massa diperbandingkan dengan sistem komunikasi interpersonal. Menurut Elizabeth Noelle-Neuman, terdapat empat tanda pokok dari komunikasi massa yang tidak terdapat pada komunikasi interpersonal, yaitu komunikasi massa :
a. bersifat tidak langsung
b. bersifat searah
c. bersifat terbuka
d. mempunyai publik yang tersebar secara geografis

Adanya perbedaan teknis ini menyebabkan sistem komunikasi massa memiliki karakteristik psikologis yang khas jika dibandingkan dengan sistem komunikasi interpersonal. Hal ini nampak pada (a) pengendalian arus informasi, (b) umpan balik, (c) stimulasi alat indra, dan (d) proporsi unsur isi dengan unsur hubungan.

C. khalayak
Khalayak merupakan prinsip dasar ketiga bagi beroperasinya media massa. 
Katz, Gureviteh, dan Haas (1973) mengidentifikasi lima kelompok kebutuhan dalam hal pengguna media.
  1. Kebutuhan kognitif, seperti kebutuhan untuk dimengerti.
  2. Kebutuhan afektif, untuk memperkuat pengalaman emosional.
  3. Kebutuhan Integratif, untuk memperkuat kepercayaan diri, kredibilitas, dan stabilitas diri.
  4. Kebutuhan untuk memperkuat kontak dengan keluarga, teman, dan dunia luar.
  5. Kebutuhan untuk melepaskan ketegangan.
D. Efek Kehadiran Media Massa (secara fisik)

 
Steven Chaffee menyebutkan ada lima efek media massa dari kehadirannya secara fisik, yaitu :
  • Efek ekonomis
  • Efek sosial
  • Efek penjadwalan kembali kegiatan sehari-hari
  • Efek pada penyaluran/penghilangan perasaan tertentu
  • Efek pada perasaan orang terhadap media
E. Efek Pesan Media Massa
  1. Efek Kognitif
    Komunikasi Massa tidak secara langsung menimbulkan perilaku tertentu, tetapi cenderung mempengaruhi cara kita mengorganisasikan citra kita tentang lingkungan. Citra inilah yang mempengaruhi cara kita berperilaku.
  2. Efek Afektif
    Perubahan sikap yang berarti akibat pesan media massa masih menjadi perdebatan dikalangan ahli komunikasi. Sementara Joseph Klapper mengatakan, dalam hubungannya dengan pembentukan dan perubahan sikap, pengaruh media massa dapat disimpulkan pada lima prinsip umum.
  • Pengaruh komunikasi diantarai oleh predisposisi personal, proses selektif, dan keanggotaan kelompok (faktor personal)
  • Faktor-faktor tadi membuat komunikasi berfungsi untuk memperkokoh sikap dan pendapat yang ada selain juga berfungsi sebagai media pengubah.
  • Apabila komunikasi massa menimbulkan perubahan sikap, perubahan kecil pada intensitas sikap lebih umum terjadi daripada "konversi" dari satu sisi yang lain.
  • Komunikasi massa cukup efektif dalam mengubah sikap pada bidang-bidang dimana pendapat orang lemah, misalnya pada iklan komersial.
  • Komunikasi massa cukup afektif dalam menciptakan pendapat tentang masalah-masalah baru apabila tidak ada predisposisi yang harus diperteguh.
     3. Efek Behavioral
         Efek behavioral mengacu kepada perilaku khalayak, pada tindakan dan gerakan yang tampak pada kehidupan sehari-hari meliputi pola tindakan, kegiatan atau kebiasaan berperilaku.

itulah rangkuman sistem komunikasi massa dan khalayak, efek media terhadap individu yang sudah saya rangkum ^^

Cr : buku PSIKOLOGI KOMUNIKASI, Nina M. Armando

1 comment:

  1. salam kenal... join yuk di sobatcyber.com , komunitas pertemanan dari dunia maya. terimakasih :)

    ReplyDelete